djokothole

stand alone

19 April 2011

Take nothing but picture ..

Kill nothing but time
Take nothing but picture
Leave nothing but footprints

Saya pernah membaca ketiga semboyan di atas waktu jaman SMA dulu, tepatnya di sebuah buku diktat panduan yang jadi pegangan kelompok kepecintaalaman di sekolah saya dulu "Manggala Paksi". semboyan itu mengakhiri tulisan yang membahas tentang teknik kegiatan alam bebas menyusuri gua. Namun sebenarnya semboyan itu tidak hanya terbatas untuk kegiatan itu saja. seluruh kegiatan alam bebas lain seperti travelling, adventuring, extreme sport dan lain sebagainya sebaiknya mengingat ketiga semboyan di atas.



Kill nothing but time
Menikmati kegiatan di alam bebas sebagai kegiatan rekreatif yang menyenangkan di antara kesibukan rutin dengan tidak membunuh hewan apapun tentunya tidaklah sulit, bagaimanapun perlu disadari bahwa dengan membunuh hewan maka sebenarnya kita telah mengancam keseimbangan alam terutama terkait dengan sistem rantai makanan yang pada gilirannya seringkali menimbulkan kerugian atau kerusakan. ekosistem. Tidak ada toleransi mengenai hal ini termasuk kegiatan berburu dan memancing. kedua kegiatan tersebut baru bisa ditolerir jika terkait dengan pemberantasan hama yang tentu saja dengan catatan-catatan bahwa kegiatan tersebut tidak akan mengancam keberlangsungan populasi spesies tertentu. Janganlah membunuh apapun selain membunuh waktu anda.

Take nothing but picture
Sensasi empiris saat menjalani kegiatan di alam bebas atau berpetualang atau sekedar travelling tentu menghasilkan pengalaman yang akan menyenangkan. sah-sah saja jika kita mendokumentasikannya agar kenangan terhadap kegiatan itu tidak hilang. dan sebuah foto atau rekaman video menurut saya sudah cukup untuk membawa kita kembali ke kenangan saat berkegiatan di alam bebas. Biarkan segala sesuatunya tetap pada tempatnya seperti sebelum kedatangan kita.

Leave nothing but footprints
Keindahan alam adalah untuk semua orang, jadi biarkan kesempatan menikmati keindahan alam juga dapat dirasakan oleh orang lain. Nyampah hanya akan mengurangi keindahan.


Selamat berkegiatan alam bebas, berpetualang atau travelling :)

0 comments: