djokothole

stand alone

27 March 2011

Earth Hour


Earth Hour selalu diadakan 1 tahun sekali setelah awalnya sukses digerakkan di australia pada yahun 2007. Dari sebuah gerakan menjadi sebuah acara tahunan, ya.. hal ini dikarenakan sekarang telah menjadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang mengikutsertakan kota2 besar di seluruh dunia menyelenggarakannya. Saat ini Earth Hour adalah salah satu ajang-nya WWF.

Earth Hour adalah sebuah kampanye kepedulian lingkungan yang secara sukses telah menginspirasi banyak orang. Bravo!


Namun, ada beberapa fakta yang seharusnya diperhatikan seiring dengan meningkatnya kesadaran kita terhadap lingkungan. Kenyataannya 80% emisi gas karbon dihasilkan oleh negara-negara maju. Mereka ini memenuhi kebutuhan sumber daya energinya dari batubara dan migas negara berkembang.
Fakta berikutnya, negara-negara berkembang "disuap" untuk program pengembangan hutan dan mengurangi penggunaan energi. Tidak lain supaya ketersediaan energi mereka terjamin keberlangsungannya, di sisi lain emisi karbon mereka disedot hutan negara-negara berkembang.
Upaya kampanye global warming, go green, earth hour dan lain sebagainya memang menginspirasi banyak orang untuk lebih sadar dan pada gilirannya melakukan peran aktif. Tapi satu perjuangan besar bagi seluruh penduduk bumi yang paling krusial adalah memaksa Amerika Serikat beserta 36 negara maju lainnya untuk meratifikasi Protokol Kyoto untuk menghemat energi dan mengurangi emisi karbon. Karena sampai saat ini Amerika Serikat masih menentang perjanjian tersebut, mungkin karena masih enggan meninggalkan kenyamanan menghamburkan energi. Bahkan Jepang berencana untuk tidak melanjutkan komitmen pasca protokol kyoto di tahun 2012.
Semoga Earth Hour semalam di seantero tanah air gak cuma bagian dari gaya hidup yang nampak keren aja, atau jadi seru-seruan sesaat yang hanya menghasilkan kegelapan semata, mudah-mudahan ini akan menjadi pijakan yang semakin besar untuk sebuah gerakan global yang signifikan dan tidak seremonial semata.
Tulisan ini terinspirasi dari banyak sumber yg saya baca dan pelajari dalam 3 hari terakhir. Cuman, karena komputer dan modem jebol dijilat petir, saya agak sulit mengikutsertakan tautan ke artikel, opini atau situs sumber maupun referensi. Nanti deh, kalo gak males disusulin di posting berikutnya he he..

-Duapulutujuhtiluduarebusabelas-

0 comments: