djokothole

stand alone

20 February 2012

Sapu naik ke meja

Sapu digunakan untuk menyingkirkan benda-benda yang di rasa kotor atau mengganggu. Biasanya digunakan di lantai. Sapu biasanya dirancang cukup ringan saat digunakan tapi cukup kokoh untuk menyeret kotoran-kotoran di lantai. Gagangnya panjang sehingga selain nyaman digunakan sambil berjalan dan berdiri juga diharapkan mampu menjangkau pojok-pojok ruangan dan kolong-kolong.

Sapu itu sewajarnya tahan banting, kuat menyeret kotoran mulai dari debu sampai beling pecahan gelas yang jatuh. Sangat dibutuhkan, sehingga rasanya aneh jika ada rumah sampai tidak memiliki sapu.
Alat lain yang memiliki fungsi mirip dengan sapu adalah kemoceng. Benda ini paling sering ditemui dalam wujud jauh lebih kecil dari sapu. Biasanya dirangkai dari bulu unggas, atau yang lebih modern adalah dari bahan plastik sintetis. Fungsinya mirip dengan sapu dengan spesialisasi menyingkirkan debu dan biasanya di tempag-tempat yang lebih tinggi. Rasanya sasaraan utama tempat ini adalah meja.
Meja itu seharusnya merupakan perabotan yang bersih, tempat aman bagi manusia untuk menyandarkan tangan, menyimpan makanan bahkan untuk menitipkan kepala saat kantuk menyerang tiba-tiba. Karenanya kemoceng menjadi sahabatnya, anggun dan bisa dengan luwes mengibas debu di atas meja. Selama kemoceng masih bisa mengatasi tugas menyeret kotoran dari atas meja, maka situasi masih dapat disebut normal.
Satu kemungkinan bisa terjadi. Meja yang sudah jarang disentuh oleh kemoceng menjadi selalu tampak kotor. Dan kalau itu berlangsung terus maka hilang sudah citra meja yang bersih. Harapan datangnya kemoceng mungkin lama-lama menjadi pupus dan ketika kotoran tanah, bahkan tahi binatang sudah naik ke atas meja, tidak ada jalan lain, sapu harus naik ke atas meja!
Jika kita bisa menggunakan kemoceng secara konsisten, wajar dan teratur, yakinlah sapu tidak akan naik ke atas meja.
Catatan :
Jika dibaca berikut :
rumah adalah bangsa/negara
meja adalah birokrasi.
Kemoceng adalah sistem kontrol birokrasi
Dan sapu adalah kekuatan rakyat
Maka janganlah kita biarkan meja menjadi kotor sampai sapu harus naik ke atas meja
Sigh ..
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

0 comments: