djokothole

stand alone

09 October 2009

hati-hati berpendapat

Seorang teman saya menghimbau melalui status facebooknya, bahwa sebaiknya memberi komen tuh yang baik2 saja, yang bersifat membangun, jangan malah bersifat destruktif. Himbauan yang simpatik dan mengingatkan lagi betapa pusaran arus komunikasi yang seliweran di situs-situs jejaring sosial kerap hanya menghasilkan kesalahpahaman dan bahkan menimbulkan masalah.


Situs Jejaring Sosial adalah alat yang menghubungkan banyak individu dengan individu lainnya di jagat maya. friendster, facebook, yuwie, flixter dll. Banyak sekali dan saya tidak ingat satu per satu. Masing-masing memiliki metode sendiri untuk memberikan fasilitas yang memungkinkan setiap member yang terhubung sebagai "friend" untuk berinteraksi, dalam contoh di facebook adalah kemudahan seseorang untuk mengakses, mengomentari bahkan menulis di wall temannya. ketika ini terjadi maka akan sulit rasanya untuk membatasi orang yang sudah menjadi teman untuk tidak bisa mengaksesnya. maka begitu banyaknya tulisan baik di jagat maya maupun kenyataan yang menasihati untuk sebaiknya berhati-hati dalam menyatakan pendapat di situs-situs seperti ini.

Situs-situs ini bisa disebut sebagai simulasi di dunia nyata, dimana jejaring sosial bisa begitu kompleksnya, dan fasilitas serta aturan mengakses sesama anggota di situs-situs ini dapat diibaratkan sebagai pengganti pranata sosial hubungan interaksi antar manusia. dalam kajian ilmu antropologi dan sosiologi masalah ini bahkan menjadi sebuah kajian menarik yang terus-menerus berkembang. Tapi nanti saja saya melihat dari kacamata kedua disiplin ilmu tersebut. Lain waktu, karena panjang, rumit dan saya juga musti belajar lagi untuk ngomongin itu he he ..

Satu hal saja, setiap orang yang sudah memberanikan diri untuk terlibat di situs-situs tersebut, terutama yang telah terhubung dengan banyak orang yang bisa saja teman, saudara, kolega maupun bahkan orang asing yang baru dikenalnya sebaiknya mulai mempersiapkan diri untuk go public. hati-hati menghiasi dinding facebook anda dengan kata-kata yang mungkin merangsang orang lain untuk nimbrung tanpa bisa anda saring. kalau anda menerima input negatif dari sana sebaiknya anda sudah siap. Termasuk berhati-hati mengungkapkan pendapat, bisa jadi tidak semua orang siap menerima tulisan anda. Dan jangan curhat sembarangan, nanti yang tadinya pengen di respon dengan baik, eh malah jadi bulan-bulanan komen orang-orang lain yang suasana hatinya jelas berbeda. Jangan lupa ada fasilitas private message yang bisa digunakan.

no hurt feeling lah, inget tulisan anda maupun tulisan orang lain beum tentu terbaca sama dengan cara penulisnya membaca pada saat menuliskannya. Bahkan penyelipan emoticon bisa menghasilkan tafsir yang lain.

so, be wise with ur social network sites

selamat bergaul di dunia maya, saran utama saya : "tetaplah kembali ke dunia nyata" he he

0 comments: