djokothole

stand alone

06 February 2011

Domain, Hosting dan Desain Situs

Sekarang ini memasuki dunia internet sudah bisa dilakukan siapa saja. Baik institusi maupun pribadi bisa menggunakan dunia maya untuk berinteraksi. Maklumlah koneksi internet semakin mudah didapat, mulai dari ajang bergaul melalui situs jejaring sosial sampai berjualan. Berjualan produk, ide, brand bahkan menjual diri :P.



Secara sederhana setelah pencet sana pencet sini selama ini, kayaknya saya melihat gambaran besar duna internet itu sebenarnya hanyalah jutaan halaman yang bisa dkunjungi. Ya .. secara teknis memang gak sesederhana itu tapi kurang lebih begitulah.  

Semua orang bisa memiliki situs pribadi dan berbagi dengan semua pengguna dunia maya. Salah satunya dengan mengelola blognya. kalau dikelola dengan baik blog juga bisa koq digunakan untuk meraih tujuan-tujuan tertentu bagi pemiliknya, bahkan beberapa netter pribadi mulai menggunakan fasilitas berbayar untuk membentuk situsnya. Mereka membeli domain supaya bisa punya nama situs wewewe dot namanya dot com, terus ada juga yang membeli paket hosting supaya seluruh info dan aplikasi untuk ngejalanin situsnya tersimpan. Netter-netter jenis ini sih bagi saya canggih banget. Tapi kembali juga jadinya ya itu tadi, cuma sebuah halaman untuk ditengok orang di dunia maya he he .. Ya mungkin yang gratisan kayak blog pun sebenernya bisa aja dikemas baik dan memberi manfaat nyata buat pemiliknya.


Yang perlu diperhatikan dan terus dikembangkan buat netter-netter serius di dunia maya adalah desain situs, baik desain halaman, isi, maupun manajemen situsnya yang mencakup aplikasi yang ditanam di situsnya. Jadi bikin situs di internet tuh ibarat bikin rumah, dari awal desainnya meliputi gambar rencana bangunan, pembuatan konstruksi bangunannya, bahannya, tukangnya, prosesnya bahkan saat ngatur interior, tuh dipikirin estetika, fungsi, serta pertimbangan kenyamanannya untuk ditinggali. Saya yang baru merhatiin dikit aja rasanya sudah takjub dengan itu semua. Perencanaan, pembuatan sampai pengelolaan situs tuh ternyata detailnya banyak banget. Seru juga, dan jadi ingin juga nyoba bikin situs serius. Siapa  tahu bisa buka dagangan di situ he he ..


tapi yang penting sebelum memulai itu semua sebaiknya saya mulai mengarahkan keinginan ini untuk menjadi sebuah ide dulu. ide yang bagus tentunya. ide yang kemudian bisa saya turunkan menjadi sebuah rencana untuk diwujudkan. Kalau anda punya ide yang brilian dan mau mengeksekusinya, saya punya rekomendasi penyedia jasa domain dan hosting indonesia yang bisa disamperin di link ini. Ayo .. realisasikan ide bagus anda untuk bisa berkarya. 



Sebagai pemula, saya sih harus belajar lebih banyak dulu, dan metode klasik belajar yang ampuh adalah membaca lalu menuliskannya kembali. saya mau lebih banyak dan dalam lagi menyelam di dunia ini. Berkelana dulu biar nanti tulisan tuh gak ngambang dan garing kayak gini tapi ada tambahan ilmu buat yang nulis sama yang baca :)

0 comments: